/Menteri ESDM : BBM 1 Harga Untuk Nias Utara & Nias Selatan

Menteri ESDM : BBM 1 Harga Untuk Nias Utara & Nias Selatan

 

NIASTODAY.COM | Kepulauan Nias – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ignasius Jonan, Mengesahkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga melalui peresmian dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak di daerah terluar Kabupaten Nias Utara (Distrik Sitolu Ori) dan daerah terluar Kabupaten Nias Selatan (Distrik Hibala), Sumatera Utara. Kamis (6/12/2018).

“Program ini merupakan visi misi Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, Demi mewujudkan keadilan suplai energi bagi masyarakat Indonesia secara merata. Kami berkomitmen untuk mencapai target BBM 1 Harga 2018 di 67 titik sebelum akhir Desember 2018 ini,” Kata Menteri Ignasius dalam sambutannya di Sitolu Ori, Kabupaten Nias Utara.

Sedangkan Direktur Pemasaran Retail PT. Pertamina, Mas’ud Khamid, memberitahu bawa Pertamina akan meningkatkan pelayanan di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada diwilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

“Dalam waktu dekat kita akan menuntaskan pembangunan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di sekitar Bandar Udara Binaka, Gunungstoli – Nias.” Ucapnya

Mas’ud menuturkan bahwa terkait SPBU Kompak 16.228.810 di Distrik Hibala – Kabupaten Nias Selatan secara otomatis akan menerima suplai BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Gunungsitoli.

Untuk SPBU Kompak 16.228.521 di Distrik Sitolu Ori – Kabupaten Nias Utara yang berjarak 41 kilometer dari TBBM Gunungsitoli. Sebelum adanya BBM Satu Harga, masyarakat setidaknya membayar Rp7.500 per liter untuk Premium dan Rp7.000 per liter untuk Solar.

Karena distribusi dari TBBM Gunungsitoli ke SPBU Kompak 16.228.521 memakan waktu lebih dari 2 jam dengan moda perjalanan darat (sekitar 95 kilometer), atau lebih dari 6 jam apabila ditempuh melalui jalan laut (sejauh 64,3 kilometer). Kini masyarakat Distrik Sitolu Ori dan sekitarnya bisa menikmati harga Premium Rp6.450 dan Rp5.150 untuk Solar. Terangnya

Pantauan wartawan, Menteri ESDM dan PT. Pertamina membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Konversi Minyak Tanah (Mitan) ke LPG 3kg di Pulau Nias. Konversi mitan ke LPG 3kg sebanyak 21.859 paket perdana khusus di Kabupaten Nias Utara.

Dari informasi yang dihimpun dilapangan, Rencananya peresmian SPBU Distrik Hibala – Kabupaten Nias Selatan akan dilaksanakan pada Jumat 7 Desember 2018.

Pada peresmian ini hadir Muspida Kabupaten Nias Utara dan Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua.

(Red/Tim)