/Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Nisbar Gelar Sosialisasi Melalui RRI

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Nisbar Gelar Sosialisasi Melalui RRI

 

NIASTODAY.COM | Nias Barat – Pesta Demokrasi pemilihan Legislatif dan Presiden akan diselenggarakan secara serentak pada tahun 2019. Untuk menumbuhkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Barat menggelar sosialisasi tahapan – tahapan pemilu melalui Radio Republik Indonesia – Gunungsitoli, Jumat (11/01/2019).

Foto : Komisioner KPU Kabupaten Nias Barat bersama Pimpinan RRI Gunungsitoli.

Ketua KPU Kabupaten Nias Barat, Famataro Zai mengatakan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi untuk persiapan memasuki tahapan – tahapan pemilu kepada seluruh masyarakat.

“Kami memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan teknis selama masa tahapan pemilu, sekaligus peraturannya,” tuturnya

Dikatakan Famataro, jelang Pemilu 2019 di Kabupaten Nias Barat, masyarakat sangat rawan akan partisipasinya dalam menggunakan hak pilihnya, yang diakibatkan karena kesadaran masyarakat sangat kurang akan pemilu. “Berharap pada pemilihan serentak nantinya agar mengunakan hak pilihnya sebagai warga Negara Indonesia yang berdaulat,” ujar Ketua KPU itu.

Famataro juga mengklarifikasi adanya berita hoaks terkait surat suara yang datang dari luar negeri dan sudah tercoblos. “Hingga saat ini belum ada surat suara yang didistribusikan oleh KPU RI,” jelasnya

Menurut Famataro, isu seperti ini diharapakan supaya masyarakat dapat cerdas dalam menyikapi persoalan, terutama yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemilu.

“Masyarakat juga harus jeli menyikapi persoalan-persoalan serta informasi -informasi yang terus berkembang, hingga makin gencarnya saat ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Komisioner KPU Kabupaten Nias Barat, Famataro Zai sebagai Ketua KPU, Maranata Gulo, Nigatinia Gulo, Efori Zalukhu dan Markus M. R. Hia.

(Toloni Daeli)